Tips, Trik, Hack, Knowledge

Hardware yang Berperan Penting Terhadap Performa PC/Laptop


Hardware Komputer

- Pc (Komputer) / Laptop sekarang ini di anggap sebagai barang penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi pelajar, mahasiswa, karyawan, hingga pekerja seni. Dewasa ini teknologi seperti komputer sangat digandrungi oleh semua kalangan, tak terkecuali, itu karena teknologi komputer sangat membantu pekerjaan. Dimana komputer dapar melakukan banyak sekali pekerjaan, mulai dari tugas sekolah hingga membuat desain grafis, bahakan untuk bermain game, banyak orang yang memilih komputer atau laptop yang akan di gunakan untuk bermain game. Game sendiri merupakan salah satu hal yang berat untuk dijalankan dalam komputer, karena game memerlukan banyak sumberdaya dari hardware komputer kita, mulai dari prosesor, ram hingga video grafis.



Oleh karena itu, karena berbagai kebutuhan pekerjaan dan hiburan, tidak main-main spesifikasi komputer yang di perlukan. Jadi bagi anda yang ingin membeli atau merakit komputer sebaiknya hati-hati dalam memilih hardware Komputer anda. Pada komputer terdapat beberapa komponen yang sangat penting dan sangat mempengaruhi stabilitas komputer dan perfoma komputer tentunya, antara lain, Motherboard, Prosessor, RAM, Power Supplay, Graphic Card dan Hardisk.

Nah itu beberapa hardware utama dari komputer, nah kalau kamu ingin membeli laptop perhatikan betul hardware Prosesor, RAM, Graphic Card dan Hardisknya, karena kebanyakan laptop tidak dapat dimodifikasi atau diganti komponenya. Nah berikut uraian dari hardware tersebut.

Motherboard (Papan Induk)


Motherboard atau papan induk merupakan komponen utama dari sebuah komputer, komponen ini sanngat-sangatlah penting dalam pengoperasian komputer. Karena disinilah semua komponen dari komputer tertanam, nah kalau gak ada papan induk pastinya hardware lain tidak bisa berjalan kan? Mangkannya hardware ini sangat penting. Papan induk merupakan jembatan antara Hardisk, RAM, dan prosesor maupun komponen lain untuk berkomunikasi. Memang dalam performa hardware ini tidak terlihat signifikan, namun tidak semua prosesor dapat di tanam dalam semua papan induk, karena setiap prosesor memiliki spesifikasi sendiri untuk papan induknya.

Sehingga saat kamu ingin membeli/merakit komputer sendiri kamu harus menentukan prosesor, dan RAM yang cocok dengan spesifikasi yang kamu ingin, nah dari situ akan ditemukan papan induk yang cocok.

Prosesor

Jangan sembarangan memilih prosesor, karena prosesor merupakan pusat pengolah informasi dalam komputer kamu. Dalam membeli prosessor ini, yang pertama harus kamu pertimbangkan adalah digunakan untuk apakah komputer kamu nantinya. Apabila digunakan untuk bermain game atau kegiatan yang berhubungan dengan multimedia, disarankan untuk membeli Intel Core-i5 keatas (Jika kamu berminat dengan Intel). Namun, jika untuk keperluan kantoran biasa, yang tidak memerlukan resource besar, Intel Dual Core juga sudah cukup.

Prosesor sendiri memiliki banyak tipe dan dari berbagai vendor. (Baca Artikel tentang prosesor)

RAM (Random Acces Memori)

RAM sangat mempengaruhi kinerja dari pemrosesan data yang ada didalam prosesor, sehingga komponen ini juga sangat penting. Percuma kamu jika memiliki prosesor cepat namun ram masih lamban dan kapasitasnya kecil, hal ini akan berimplikasi kepada kinerja pemrosesan data itu sendiri dalam prosesor, sehingga kerja komputermu akan lambat. (Baca atikel terdahulu untuk pengertian RAM)

Kamu harus lebih pintar dalam memilih RAM yang cocok dengan komputer kamu. RAM dengan kapasitas lebih besar tidak selalu lebih powerful dengan kapasitas dibawahnya. Pernyataan yang mengnggap RAM 8GB lebih powerful daripada 4GB tidaklah sepenuhnya benar, karena RAM juga memiliki kecepatan proses data. Sama seperti prosessor, setiap RAM memiliki kecepatan yang berbeda-beda.

Kamu bisa melihat berapa kecepatan yang dimiliki oleh RAM pada label yang berada di kepingannya. Format penulisannya biasanya seperti ini, V-GEN DDR3 4GB PC-10600. Kamu lihat saja angka di bagian PC, apabila tinggi, berarti memiliki kecepatan yang tinggi dan mampu memproses data dengan cepat.

Jika kamu memasang dua keping RAM pada motherboard kamu, dan ternyata kedua RAM tersebut memiliki kecepatan yang berbeda, maka motherboard-lah yang akan menyesuaikan kedua RAM terseubut agar nantinya dapat berjalan dengan stabil.

Sebelum membeli RAM atau ingin menambahkan RAM pada komputer kamu, pastikan dulu maksimal dukungan motherboard kamu terhadap RAM. Karena ada motherboard yang hanya mendukung sampai 4GB saja, sehingga tidak bisa kita upgrade sampai 8GB.

Power Supply

Power supply adalah pintu masuknya listrik ke komputer komputer. Power supply merupakan penyuplai listrik bagi komponen komputer lainnya. Power supply juga bisa dikatakan hardware yang riskan akan kerusakan. Biasanya power supply yang sudah satu paket dengan casing saat membelinya, itu merupakan power supply standar. Bisa dibilang hanya pelengkap saja.

Saya pernah mengalami kejadian menyedihkan dengan power supply.  Ketika itu saya masih menggunakan power supply bawaan casing. Nah, saat itu saya menambahkan 1 buah hardisk di komputer saya, sehingga total hardisk ada dua yang terpasang di komputer. Apa yang terjadi setelah saya tambah hardisk? Terkadang PC saya tidak mau menyala. Bisa menyala, tetapi hanya satu hardisk saja yang terdeteksi.

Untuk memperoleh kinerja yang lebih baik, sebaiknya kamu membelinya sendiri, tentunya dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan. Ingat, semakin besar hardware yang ada di komputer, maka semakin besar juga daya yang dibutuhkan. Power supply memiliki batasan output daya yang juga terbatas. Jadi, pintar-pintar memilih power supply.

Video Card/Grafis Card

Kebanyakan orang membeli VGA atau Graphic Card dengan alasan ingin merasakan kelancaran bermain game atau kualitas gambar yang baik (untuk multimedia). Ingat ya, kamu jangan terpengaruh dengan kapasitas besar dengan harganya yang murah, karena itu tidak menjami kualitas dari graphic card tersebut.

Perhatikan juga jumlah bit-nya. Saya lebih suka memilih Graphic card berkapasitas 512MB dengan arsitektur 128-bit ketimbang kapasitas 1GB dengan arsitektur 64-bit. Selain itu, pastikan juga kalau VGA yang akan dibeli cocok atau kompatibel dengan motherboard yang ada.

Hardisk

Hardisk memiliki tipe, seperti IDE/ATA dan SATA. Saat ini kebanyakan orang lebih memilih menggunakan jenis SATA daripada ATA, karena kecepatan read/write yang dimiliki oleh hardisk jenis SATA lebih besar dibanding ATA. Dan juga SATA ini dibagi lagi menjadi SATA1, SATA2, SATA3. Jenisterbaru dari SATA memiliki kecepatan paling besar daripada yang lainnya.

Standar kecepatan HDD adalah 5400RPM, namun ada juga yang mencapai kecepatan red/write 7200RPM. Untuk kebutuhan kantoran, saya rasa HDD dengan kecepatan 5400RPM sudah cukup. Bagi kamu yang suka ngegame atau kegiatan multimedia disarankan menggunakan HDD dengan kecepatan 7200RPM, dan lebih baik lagi jika menggunakan SSD.

Nah itulah beberapa komponen komputer yang sangat berpengaruh teradap kecepatan atau performa dari komputer anda. Satu lagi hal yang penting dalam komputer, yaitu layar (output) yang digunakan untuk menampilkan data hasil pengolahan prosesor, yang berupa tulisan, maupun gambar.

Okeee, mungkin sekian artikel kali ini, semoga info kali ini bermanfaat untuk teman-teman semua.
, , ,

No comments:

Post a Comment