Tips, Trik, Hack, Knowledge

Cara Mengatasi Instalasi Windows yang gagal di sistem UEFI

Pernah kamu install windows di sistem UEFI? dengan instalasi windows yang biasa kamu buat dengan bootable flasdisk di bios, namun tidak bisa di install? Nahh itu karena sistem dari bios dan UEFI berbeda, dimana UEFI merupakan sistem baru yang banyak digunakan oleh parikan komputer jaman sekarang.

Lalu apa itu UEFI?
UEFI atau Unified Extensible Firmware Interface merupakan frame ware interface baru untuk komputer yang di desain untuk menggantikan BIOS (Basic Input/Output System). UEFI di kembangkan oleh intel dan di beri nama EFI. Namun di ambil alih oleh sebuah group yang tediri dari 140 perusahaan dan memberi nama UEFI.

Nah, sering kali ketika kita ingin menginstall windows dan dalam keadaan komputer tersebut menggunakan frameware UEFI sering kita temui jika windows tidak dapat di install di ke hardrive komputer tersebut. Banyak artikel di dunia maya menyebutkan jika hal tersebut di sebabkan karena format harddrive komputer kamu memiliki format yang berbeda, sehingga harus format ulang. Nahh, kalau di format ulang tentunya semua file yang ada di keseluruhan harddrive akan hilang. Kalau Laptop baru sih gak masalah, nah kalau laptop lama yang datanya sudah sangat banyak gimana? kan berabe kalau foto mantan ilang. Namun jangan khuwatir, karena ada cara lain untuk mengatasinya. yaitu dengan membuat bootable baru, namun dibuat melewati suatu software.

Software yang digunakan merupakan software pihak ketiga yang di buat oleh Rufus. Rufus merupakan aplikasi yang khusus membuat bootable disk. Sehingga kita dapat menggunakannya dalam membuat bootable windows, nah keunggulan dari software ini sendiri adalah dia dapat membuat bootable dengan format yang khusus untuk UEFI. Cara memuat bootable-nya juga sangat mudah, yaitu hanya dengan mengaganti tujuan instalasinya saja atau Skema Partisi dan tipe target sisitem seperti pada gambar.

Cara penggunaannya sangat mudah yaitu hanya dengan membuka file iso dari windows atau sistem operasi lain dengan cara klik pada gambar disk yang ada pada aplikasi, lalu setting Skema partisi, untuk UEFI kita harus menggantinya menjadi GTP Sceme for UEFI atau GPT skema partisi unutk UEFI, kemudian start dan tunggu hingga selesai. Ingat ya untuk flashdisk yang digunakan akan diformat oleh aplikasi, sehingga jika ada file penting silahkan di backup terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan aplikasinya, kamu dapat mengunjungi web resmi yang menyediakan dan membuat aplikasi tersebut, di sini . Selamat mencoba

, , , ,

1 comment:

  1. Cara Mengatasi Instalasi Windows Yang Gagal Di Sistem Uefi >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara Mengatasi Instalasi Windows Yang Gagal Di Sistem Uefi >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara Mengatasi Instalasi Windows Yang Gagal Di Sistem Uefi >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete