Tips, Trik, Hack, Knowledge

Penyebab Hp Android Restart Dengan Sendirinya


Apakah Hp android anda sering tiba tiba restart dengan sendirinya saat di gunakan? Pasti menjengkelkan kan kalau tiba tiba restart sendiri saat di gunakan. Apalagi kalau sedang asik main game, udah mau kelar eh restart sendiri. Jengkel toh? (Curhat -_-).

Nah pastinya kalo tiba tiba hp anda restart dengan sendirinya pasti anda kaget toh? Khuwatir pastinya, atau mlah berfikir kalo hpnya udah rusak? Terus beli hp baru. Orang kayaaa. Wkwk. Aamiin.

Nah sebab itu, saya menulis artikel ini, setelah berkeliling dunia mencari kitab suci(pake browser, hahah). Dapet tau penyebab kenapa hpnya sering restart. Sebenarnya hp restart dengan sendirinya itu bukan karena hanya satu hal, tapi banyak potensi yang menyebabkan hp tersebut merestart dengan sendirinya. Malah pernah itu hp android saya tiba tiba mati dan tidak mau nyala, setelah saya buat merekam video. Hehe itu mah over heat. Ah kelamaan, dari pada bertele tele gak jelas, mending langsung aja ke inti permasalahannya, silahkan di simak baik baik, agar tidak kaget saat hp anda restart dengan sendirinya.


Penyebab Hp android restart sendiri

  •           Pada hp anda terinstall aplikasi yang tidak cocok atau not compatible dengan sistem operasi android yang terinstall di hp anda.
  •           Bisa juga karena terdapat aplikasi yang crash.
  •           Terdapat data atau bagian dari sistem yang hilang.
  •           Matinya aplikasi bawaan sistem yang di sebabkan aplikasi lain.
  •           Salah saat setting sistem.
  •           Banyak aplikasi yang berjalan, sehingga RAM penuh dan prosesor bekerja keras.
  •           File chace atau file sampah menumpuk di sistem.
  •           Sistem maupun aplikasi membutuhkan pembaruan karena sudah usang.
  •           Terdapat virus yang menyerang sistem.

Tentunya sudah tau kan penyebab-penyebab kenapa hp android anda sering restart? Nah untuk itu hindari hal hal tersebut agar tidak terjadi restart secara tiba tiba. Jika memang sudah pernah terjadi anda bisa memperbaikinya. Namun jika sudah terjadi hal seperti ini, segeralah anda atasi. Karena selain menganggu aktivitas anda saat bermain hp, hal tersebut dapat juga menganggu sistem anda rusak permanen. Sehingga perlu di lakukan perbaikan.


Cara Memperbaiki Hp yang Restart Sendiri

-         
Cek aplikasi yang terinstall di gedget anda
Cek apakah aplikasi yang terinstall maupun yang sedang terinstall di hp anda competible dengan sistem hp anda. Biasanya jika anda download dari google playsotre ada notifikasinya. Dan tentunya ada keterangan lengkap dari aplikasi.

-          Periksa pengaturan Hp anda
Jika anda sering merubah rubah pengaturan mungkin itu sebabnya. Sehingga cek lagi apakah ada yang salah dengan pengaturan hp anda atau tidak.
-          Pasang antivirus di hp anda
Hal ini sangat penting, karena jika tidak terpasang aplikasi antivirus pada hp anda. Kemungkinan besar hp anda akan terkena virus. Apa lagi jika hp anda sering terhubung dengan komputer rental, yang di gunakan banyak orang.

-          Bersihkan file chace pada hp anda
Nah hal ini harus anda lakukan setiap saat, karena saat file sampah ini menumpuk akan membuat kinerja dari sistem android anda semakin berat. Untuk membersihkannya anda dapat menggunakan aplikasi pembersih chace yang sudah ada di playstore.

Jika setelah anda melakukan hal hal tersebut dan juga masih terjadi restart, ada baiknya anda tanya teman yang faham soal seperti ini, atau anda dapat membawa hp anda ke tempat service. Atau jika tidak mau ke tukang service anda dapat melakukan Factory Reset.

Hal terbaik adalah melakukan factory reset, karena dengan ini hp anda akan kembali ke pengaturan awal saat anda baru membelinya. Semua aplikasi yang anda install akan terhapus semua. Dan well, sehat kembali hp anda seperti baru.


Mungkin sekian artikel kali ini, jika ada pertanyaan silahkan tulis saja di komentar. Trimakasih. Semoga bermanfaat.
, , , ,

1 comment: