Tips, Trik, Hack, Knowledge

Prossor

CPU atau central processing unit merupakan suatu tempat dimana semua data diolah. Sudah pernah tau kan CPU? ya itu termasuk pada laptop yang anda gunakan untuk membaca gandroid21.blogspot.co.id ini,. Ya CPU merupakan suatu tempat yang dimana semua data di dalam komputer di olah, dari serangkaian angka menjadi suatu bahasa program yang kemudian di terjemahkan menjadi bahasa manusia yang biasa anda baca dan lihat. Semua yang ada di tampilan layar LCD laptop atau PC anda tersebut merupakan hasil kerja dari CPU. CPU akan menjadi penerjemah atau penghubung anda dari bahasa manusia kepada bahasa mesin, sehingga mesin dapat bekerja sesuai dengan keinginan penggunanya.
Prosesor


Lalu pertanyaan berikutnya yaitu, bagaimana CPU dapat mengolah data? nahh,, di dalam CPU terdapat suatu Chip yang di sebut prosesor yang dimana ia bertugas untuk mengolah semua data yang ada di dalam perintah coding sehingga komponen mesin yang lain dapat bekerja sehingga dapat menampilkan tampilan yang ingin di lihat oleh pengguna.

Prosesor tidak serta merta hanya terdiri dari satu bagian saja, di dalam prosesor terdapat beberapa bagian penting yang memiliki peranan pemrosesan data sendiri sendiri, yaitu antara lain

  • Aritcmatics Logic Unit (ALU), merupakan unit yang berperan dalam perhitungan matematika dan logika.
  • Unit kontrol (CU), dimana bagian ini berfungsi untuk mengatur data yang masuk dan keluar, unit ini juga yang akan membedakan setiap jenis data yang akan di proses.
  • Register Unit (RU), unit ini merupakan suatu memori kecil yang memiliki kecepatan lebih tinggi daripada memori utama (RAM)
Lalu apakah prosesor hanya bekerja sendiri untuk mengendalikan seluruh komputer? Jawabnya tidak, pada setiap komputer akan di bekali oleh RAM (Random Acces Memory) bagian ini bertugas sebagai memori sementara yang di gunakan sebagai terminal data, dimana data yang akan masuk atau keluar akan tinggal sementara di dalam RAM, selain RAM prosesor juga akan di dukung oleh HarDrive yang akan menyimpan data secara permanen, dimana semua software di simpan.

Terus bagaimana prosesor bekerja? ya jadi prosesor itu bekerja dari data yang di input oleh kita (User) melalui sensor seperti mouse, keyboard dan alat lain yang memberi data kepada RAM dan kemudian di terjemahkan oleh prosesor yang kemudian data outputnya akan di kirimkan ke hardware maupun software yang digunakan.

Nah mungkin begitu persoalan prosesor, mungkin lebih detail-nya dapat membaca buku yang membahas soal prosesor. Tulisan ini hanyalah ringkasan dari berbagai sumber, sehingga mungkin ada beberapa info yang belum tersampaikan. Jika ada salah atau kekurangan mohon kritik dan sarannya dengan berkomentar di bawah. Lalu juga jangan lupa untuk menyukai dan menyebarkan artikel ini. Trima kasih sudah membaca.

Kemudian artikel selanjutnya akan membahas macam-macam jenis prosesor dan vendor-nya.
, ,

No comments:

Post a Comment