Tips, Trik, Hack, Knowledge

Apa Itu Piksel?

Pixel - Haloo, anda seorang yang suka desain? Atau suka mengedit foto? atau yang suka memfoto? sering kali terdapat istilah yang tidak asing di telinga kita yang sangat merekat erat dengan gambar, yaitu Piksel atau biasa di tulis pixel. Sering kali kamera kita memiliki besaran mega pixel, namun sering kali kita tidak tahu menahu apa itu artinya. Nah maka dari itu, pada post kali ini, mimin mau berbagi tentang apa itu Piksel dalam bahasa Indonesia.

Apa Itu Pixel?



Piksel adalah terjemah dari bahasa Inggris yaitu Pixel, yang merupakan singkatan dari Picture Element. Dari singkatan tersebut pastisudah tergambar kan apa itu pixel? Yap, pixel merupakan bagian terkecil(titik) dari gambar yang mengandung informasi warna. Titik kecil ini sangat kecil dan berjumlah sangat banyak dan di susun sedemikian rupa sehingga menghasilkan gambar yang kita lihat di monitor atau foto. Kualitas foto yang baik adalah foto yang memiliki jumlah pixel yang sangat banyak, sehingga tiap bagian semakin detail warnanya dan tidak pecah jika di zoom hingga sangat detail.

Pixel sendiri sangat erat hubungannya dengan resolusi, resolusi sendiri merupakan kerapatan hubungan antara satu pixel dengan pixel yang lain, semakin rapat pixel maka resolusi semakin tinggi. Dalam dunia desain grafis atau digital pasti sudah tau apa itu resolusi, karena akan sangat mempengaruhi gambar yang di buat. Resolusi sendiri memiliki satuan ppi (pixels per inch) semakin tinggi nilai resolusi makan semakin rapat dan semakin banyak pixel yang terkandung dalam gambar tersebut, sehingga file foto yang kita simpan yang memiliki resolusi tinggi akan memiliki ukuran file yang besar, karena semakin banyak data yang di simpan dalam foto tersebut.

Nah mungkin sekian post kali ini, maaf jika informasi yang saya berikan kurang lengkap, lain kali mimin akan melengkapi sejarah perkembangan resolusi dan pixel. Mimin lagi banyak tugas sehingga tidak dapat mempost banyak banyak, hehe. Maklum mau akhir semester, jadi tugas numpuk.
Oke, trimaksih sudah berkunjung, semoga bermanfaat. Kunjungi lagi ya untuk update artikel terbaru dari blog Gandroid




,

No comments:

Post a Comment