Tips, Trik, Hack, Knowledge

Perkembangan Android

Perkembangan Android - Android merupakan sistem operasi yang pertama di rilis pada tahun 2008 untuk sejarah Android anda dapat membaca post terdahulu "Sejarah Android". Android merupakan sistem operasi open sourch yang berarti semua orang dapat ikut serta dalam pengembangan aplikasi android, dan mendapatkan kode-nya secara cuma cuma. Android dari tahun pertama di rilis banyak mengalami update penyempurnaan fitur-nya hingga saat ini sudah ada total 11 update versi OS dari pertama di rilis, mulai dari versi 1.5 hingga versi 6.0 yang terakhir saat artikel ini di publikasi.
Nah Ingin tahu perkembangan dan fitur-fitur dari setiap versi? Baca di bawah ini.

Sejarah perkembangan Android



1. Android Versi 1.5

Android pertama yaitu versi 1.5 di rilis pada tahun 2008. Nama dari versi ini adalah Android Cupcake. Fitur dari android pertama ini adalah anda dapat mengupload Video ke Youtube atau Foto ke Picasa serta di lengkapi Widget yang mempermudah dalam mengakses sebuah fitur, selain itu android jua mengaplikasikan Virtual keyboard di dalamnya.

2. Android Versi 1.6

Android ini bernama Donut. Android ini di rilis tahun 2009. Para pengguna androi banyak yang berpindah dari versi sebelumnya ke versi terbaru ini, karena fitur yang di tawarkan lebih  baru dan menarik yaitu adanya text-to speech dan kompatibilitas CDMA.

3. Android Versi 2.0

Android ini bernama Eclair. Android ini memiliki fitur tambahan yaitu Flash, Digital Zoom, White Balance, Live walpaper serta fitur keyboard yang dapat menyarankan kontak di dalamnya. Pada update versi ini bukan merupakan update terbesar dari google namun mungkin salah satu pembaruan yang paling nikmat di jamannya.

4. Android Versi 2.2

Android ini bernama Froyo. Android ini merupakan update terbesar yang pernah di lakukan, dimana fitur fiturnya sudah lengkap dan sudah memiliki kecepatan yang cukup cepat, sehingga membuat penggunanya nyaman.

5. Android Versi 2.3

Android ini bernama Gingerbread. Di mana beberapa update terakhir telah meningkatkan fungsi, Google akhirnya mengambil waktu sejenak untuk melihat bentuk pada akhir 2010. antarmuka pengguna yang dirombak dengan tema gelap yang juga terus kecepatan uptick Android. Tapi itu tidak berarti fitur baru benar-benar disertakan. Android menambahkan dukungan untuk NFC, download manager yang super berguna, dan bahkan hal-hal sederhana seperti memperbaiki fitur copy dan paste.

Sayangnya, ini adalah ketika software menguliti berada dalam ayunan dan saham Android mulai surut ke belakang. Hanya segelintir handset, seperti Google Nexus S, Nexus One, dan G2 T-Mobile, bahkan melihat perubahan ini seperti yang dirancang di atas.

6. Android Versi 3.0

Android ini bernama Honeycomb.Honeycomb lebih terfokus pada satu hal dan hal itu adalah tablet. IPad dirilis hanya beberapa bulan sebelumnya pada  2010, dan Android diperlukan sebuah OS yang bisa bersaing dalam faktor bentuk yang lebih besar tidak cocok untuk saku Anda. Ini termasuk apa yang disebut Google "Holographic" interface dan keyboard lebih intuitif untuk perangkat yang lebih besar.

7. Android Versi 4.0

Android ini bernama Ice Cream Sandwich. ICS reorientasi ke arah ponsel dengan update interface dan pembaruan lengkap tombol hardware. Dengan actionbar dan menambahkan tombol recent apps . Desain yang benar-benar merger dari Android tablet OS (Honeycomb) dan OS mobile (Gingerbread, Froyo, dll). Aplikasi yang lebih kuat, multi tasking depan dan tengah, dan Anda bisa mulai benar-benar melihat kekuatan-kelas komputer yang sedang dikemas dalam smartphone. Bahkan, kami sangat terkesan bahwa kita menyebutnya "Upgrade Android paling signifikan sampai saat ini."

8. Android Versi 4.1

Android ini bernama Jellybean. GOOGLE NOW! Jellybean super-improved voice assistant yang ditingkatkan ketika mencari dan pemberitahuan akhirnya lebih smooth, menawarkan konteks yang lebih dari menu drop-down.

Homescreen juga mendapat perubahan dan sekarang widget bisa diubah ukurannya dan ditempatkan di mana saja. Android lebih mudah disesuaikan dan canggih dari sebelumnya.

9. Android Versi 4.4

Android ini bernama Kitkat. Lebih dari satu tahun sampai Android pindah dan merilis versi berikutnya (meskipun Jellybean itu terus ditingkatkan hingga musim panas 2013) dan meluncurkan KitKat pembaruan dengan Nexus 5 pada Halloween tahun 2013. Google Now sekarang lebih baik dari sebelumnya dengan beberapa kemampuan prescient abilities yang mencoba untuk menebak apa yang pengguna inginkan sebelum mereka bertanya, dan Hangouts ditingkatkan dengan beberapa kemampuan SMS yang sangat dibutuhkan.

Yang paling penting, KitKat OS mempunyai kecepatan akses, yang hanya dengan 512MB RAM bisa menjalankan OS dengan lancar. Ini berguna untuk mendorong Android ke pasar ponsel murah dengan Salah satu program Android yang hampir sempurna.

10. Android Versi 5.0

Android ini bernama Lolipop. Klaim terbesar Lollipop untuk ketenaran adalah reimagining dramatis dari sistem operasi Android yang mulai kembali dengan Ice Cream Sandwich. Ikon, animasi, dan menu multitasking yang sepenuhnya diperbarui dengan pendekatan Material Desain Google, dan lockscreen Android menjadi jauh lebih berguna dengan integrasi pemberitahuan yang lebih baik. Google terus mengembangkan Google Now untuk pengembang pihak ketiga dan untungnya menambahkan "mode diam" kembali untuk pemberitahuan.

11. Android Versi 6.0

Android ini bernama Marshmallow. Update ini di rilis pada tahun 2015 kemarin. Pada update terbaru ini tidak ada perubahan tampilan yang sangat signifikan, namun itu tidak seberapa karena pada update ini terdapat banyak sekali fitur tambahan yang sangat mengagumkan, yaitu cara baru untuk meminta izin aplikasi, dukungan sensor sidik jari baru dan ditingkatkan oleh Google Now, dan legal. Pada versi ini juga akan menghemat baterai telpon pintar anda, sehingga seharian anda tidak perlu menancapkan kabel pengisi daya. Ini karena adanya Doze dan bundling di sensor Anroid Hub di telpon pintar terbaru Nexus.

Itu sedikit sejarah perkembangan dari sistem operasi android yang begitu pesat. Semakin hari permintaan Android semakin banyak, sehingga masuklah kita ke era digital yang sekarang segalanya serba digital. Di era digital seperti ini banyak hal positif maupun negatif yang timbul dari perkembangan teknologi, maka dari itu kita sebagai manusia haruslah bijak dalam menyikapi dan dalam penggunaan teknologi tersebut. , ,

No comments:

Post a Comment