Tips, Trik, Hack, Knowledge

HardDisk Full? Tanpa ada file tambahan?

Cara mengatasi Hard disk full tanpa sebab

.
Pasti anda pengguna windows khususnya windows 10 atau 8.1 pernah mengalami tiba tiba hardisk anda Full padahal tidak ada file besar yang anda simpan di direktori C. Nah pasti jengkel kan? apalagi kalau masalah ini membuat komputer anda lemot tidak karuan karena hardisknya full.

Hard disk Full tanpa sebab


Nah sebenarnya itu karena anda kurang merawat kondisi dari file file di komputer anda, anda tidak pernah "bersih-bersih" komputer anda sendiri sejak lama.  sehingga file menumpuk bergiga giga, dan menyebabkan hardisk full dan menyebabkan komputer atau laptop lemot. Nah untuk itu sebaiknya anda membersihkan komputer anda, eitsss, bukan di cuci. Caranya seperti ini :

1. Untuk windows 8,8.1 dan 10 buka windows explorer.
2. Klik pada disk/direktori C
3. Pada bagian atas atau taskbar akan muncul menu Manage
4. Nah pada menu tersebut klik disk clean up
5. Tunggu sampai loading selesai, dan aplikasi tersebut akan menunjukkan file bekas yang sudah tidak di gunakan oleh windows, dan dapat di hapus.
6. Eitsss, jangan di hapus dulu, itu masih belum semua, nah pada bagian kiri pojok bawah pada popup tadi akan ada menu lain yaitu Clean Up system File
7. Klik dan tunggu sampai kelar, dan akan muncul berapa ukuran file yang sudah tidak di pakai
8. Hapus, dan selesai, dan hardisk anda akan bertambah.

Nah kenapa hal tersebut dapat terjadi? Ya itu karena windows akan selalu membuat file sementara di hardisk anda saat Ia bekerja, agar mempermudah windows dalam bekerja. Namun file file tersebut setelah di gunakan akan menjadi sampah yang harus di buang. Karena jika tidak di buang, file file tersebut akan menumpuk semakin banyak dan banyak dan akan memakan kapasitas hardisk anda. Selain dari kerja windows sendiri ini juga dapat di sebabkan oleh windows update yang menyisakan file file lama yang telah di perbarui dengan file yang baru, namun saat proses tersebut file lama tidak terhapus, dia akan tersimpan di sistem dan memakan tempat yang banyak, sehingga sangat perlu di hapus. Selain itu juga file sampah juga tercipta dari browser yang anda gunakan, browser akan menyimpan chace dan cookies yang dalam browsing akan meningkatkan pengalaman berselancar anda, namun file ini sangat banyak dan akan memakan ukuran hardisk anda. Sehingga sangat butuh untuk di hapus secara berkala.

Nah Mungkin itu beberapa tips yang saya ketahui jika hardisk anda full padahal anda tidak menambahkan file atau semacamnya. Jika ada pertanyaan maupun pendapat lain silahkan berkomentar di bawah. Salam berbagi :)
, , , , ,

3 comments:

  1. Notebook saya menggunakan windows 10 kapasitas di OS C selalu berkurang hanya ketika terkoneksi internet, sudah berkali-kali di scan menggunakan beberapa anti virus namun tidak membuahkan hasil. Mohon bantuannya suhu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sore gan, sorry jarang buka soalnya kuliah lagi banyak banyaknya tugas. itu mungkin karena di windows 10 sekarang sering update, namun update tersebut tidak mengantikan update yang lama, sehingga file update menumpuk.
      Agan bisa menggunakan disk cleanup milik windows sendiri.
      kemungkinan itu gan,

      Delete
  2. bang mo nanya bang nih ane kan pake photosop yaa nahh setiap kali ane ng desain ntu disk c selalu berkurang sekalinya berkuurang sampe 1-2 GB udah di di pakein ccleanser sama disk clean up diatass ngg mempan jgg mas Ottokeh ?

    ReplyDelete