Tips, Trik, Hack, Knowledge

Disk Fragmentation

Mengatasi Komputer Lemot

Pernahkah anda mengalami komputer yang super super lemot atau pelan dalam bekerja? Padahal prosesor dan RAM anda sudah baik? Nah pastinya ada penyebab lain selain dua hal tersebut bukan yang menyebabkan kelambanan respon komputer anda? Ya yaitu Hardisk.


Hardisk merupakan perangkat keras yang ada di dalam komputer yang memiliki peran begitu penting dalam penyimpanan data, dimana sistem operasi yang anda gunakan untuk mengakses komputer anda dan menjalankan aplikasi anda di simpan. Hardware satu ini sangat amat penting dalam penggunaan selama pemrosesan data selain RAM dan Prosesor karena semua file yang akan di proses di Prosesor di simpan di dalam Hardisk.

Hardisk sekarang memiliki dua tipe yaitu HDD dan SSD dimana keduanya memiliki fungsi yang sama namun kecepatan dan bentuk yang sangat berbeda. Dimana HDD terbentuk dari piringan magnet ysng di putar, dan SSD yang berbentuk solid tanpa adanya lempengan magnet, Kurang lebih seperti memori card yang ada di hand phone anda.

Dalam pemrosesan hardisk akan sering di akses oleh prosesor, sehingga hardisk perlu memiliki kecepatan membaca, menulis dan mngedit isi hardisk dengan cepat. Jika memang hardisk sudah memiliki kecepatan yang cepat, namun masih lemot? maka ada masalah lain, yaitu file yang ada di hardisk tercecer. Di dalam hardisk file file yang di simpan berada pada blok blok.  Seperti contoh ilustrasi di bawah ini :


Nah jika file yang ada di hardisk anda tertata rapi dan sudah di data atau di index oleh sistem operasi anda, maka kerja sistem operasi anda akan cepat, karena mudah mengtahui file yang akan di baca.
Nah namun dalam pekerjaan pemrosesan data yang ada di komputer anda, pasti ada yang namanya berantakan. dimana lokasi dari file file tersebut akan tercecer di sektor yang lain, sehingga komputer anda harus mencari lagi dan merapikan data tersebut. Kalau datanya sedikit sih tidak akan masalah, namun jika jutaan file yang di cari bagaimana? Nah untuk itu anda harus melakukan difragmentation, sehingga akan mempermudah kinerja sistem operasi anda.

Namun di sistem operasi windows sekarang sudah ada jadwal untuk fragmentasi secara otomatis, sehingga anda tidak perlu repot repot untuk melakukan difrag lagi, namun masih bisa juga jika anda mendifrag lagi secara manual. Jika di sistem operasi linux anda tidak perlu melakukan secara manual, karena linux sudah secara otomatis menata file sistemnya.

Nah mungkin itu beberapa hal tentang Fragmentation, hal ini termasuk yang dapat mempercepat kinerja komputer anda. Selamat mencoba, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda anda sekalian. :)
, , , , ,

No comments:

Post a Comment