Tips, Trik, Hack, Knowledge

RAM (Random Acces Memori)

Apakah anda pernah mendengar apa yang di sebut RAM? Iya, singkatan dari Random Acces Memory. Alat ini merupakan perangkat keras yang di gunakan pada sistem komputer, yang berfungsi sebagai pengingat sementara. RAM ini merupakan bagian yang termasuk sangat penting dalam perangkat komputer atau sekarang telfon genggam, karena RAM berfungsi menyimpan data sementara yang akan di proses di prosesor, lalu apa itu prosesor? Silahkan baca posting yang terdahulu dengan klik di sini. RAM ini bekerja hanya saat komputer sedang menyala.


Kurang lebih seperti itu pengertian RAM. Lalu bagaimana isi dari RAM? Nah, seperti ini RAM itu di bagi menjadi 4 bagian, yaitu :

  1.  Input storage, seperti namanya bagian ini berfungsi sebagai penyeimpan data masukan dari hardware seperti mouse dan keyboard secara sementara selama mengantri untuk di proses oleh prosesor.
  2.  Program Storage, yaitu bagia dari ram yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan instruksi program yang sedang akan di proses.
  3. Working Storage, yaitu bagian dari RAM yang bertuas menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahannya.
  4. Output Storage, yaitu bagian RAM yang menampung hasil pemrosesan dari prosesor yang akan di tampilkan ke perangkat output.


Perkembangan RAM
Seperti kita ketahui, semakin dewasa ini, teknologi yang bermunculan semakin canggih, dan memiliki kecepatan yang sangat sangat tinggi. Pada setiap aspek teknologi pasti akan ada perkembangan, apalagi aspek penting seperti RAM. Perkembangan ini mulai dari kapasitas, bentuk, model, daya, kecepatan dari RAM. Kecepatan dan kapasitas dari RAM inilah yang sangat berpengaruh terhadap kecepatan operasi komputer, semakin cepat kecepatan RAM dan semakin besar kapasitas RAM maka akan di ketemukan komputer dengan kecepatan super untuk beroperasi. Berikut perkembangan RAM saat ini :


  1. SDRAM : merupakan RAM pertama yang di temukan, yag di gunakan pada komputer Pentium 1 hingga pentium 4 model lama. RAM jenis ini memiliki pin sebanyak 168 dan terdapat 2 cela di bagian kakinya.
  2. Ranbus RAM : RAM ini di gunakan pada komputer pentium IV yang telah memiliki fasilitas 2 chanel.
  3. Sybclink DRAM : RAM ini memiliki kecepatan yang lebih cepat dari pendahulunya, yakni benwidth maksimum 1600 MB/s dan kecepatan 200MHz
  4. DDR dan DDR 2 : RAM yang memiliki kecepatan dua kali lebih cepat dari SDRAM, RAM ini memiliki 183 pin dan hanya terdapat 1 cela pada bagian kakinya.
  5. DDR 3 : RAM generasi terbaru yang memiliki kecepatan yang lebih cepat dari DDR 2.
  6. DDR 4 : merupakan RAM terbaru yang memiliki kecepatan yang lebih tinggi lagi dan memiliki teknologi yang lebih tinggi daripada DDR 3.
RAM merupakan salah satu hal yang penting dalam komputer, karena sangat membantu dalam pemrosesan data di prosesor. Sekarang telah banyak teknologi RAM yang di temukan, dan setiap seri memiliki peranan yang berbeda beda menurut kebutuhan prosesor dan chipset. Sehingga saat anda mengganti RAM sebaiknya tidak asal, karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap prosesor dan board komputer anda.

Oke, mungkin sekia artikel kali ini, semoga apa yang ada di posting kali ini bermanfaat dan memberi pengetahuan baru untuk anda anda sedaya, hehe. Trimakasih berkunjung, jika ada pendapat lain, atau saran, silahkan komen di bawah.
, , ,

1 comment:

  1. The Star Grand at The Star Gold Coast - JT Hub
    The 전라북도 출장마사지 Star Grand 목포 출장마사지 at 경주 출장안마 The Star Gold Coast 사천 출장샵 features a casino, 부천 출장안마 live entertainment, a wide range of entertainment attractions and shopping. This venue is located on

    ReplyDelete